Pasukan Siaga Bencana di Klumprit II Terbentuk

Pasukan siaga bencana telah terbentuk di Padukuhan Klumprit II, Wukirharjo, Prambanan, Sleman, 3 Mei 2014, pukul 21.00 wib, bertempat di rumah Bapak Kliwon yang diikuti oleh pemuda-pemudi sekitar 45 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh KKN UII unit 48 kelompok 26 Sleman dengan nara sumber Shandy Syukur Permadi dari jurusan Hukum UII.  Alasan pembentukan agar supaya ketika terjadi rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam maupun faktor non alam atau bahkan  mengakibatkan timbulnya korban jiwa maupun kerusakan lingkungan serta harta benda dan dampak psikologi, segera bisa ditangani oleh pasukan siaga bencana tersebut.

Struktur yang terbentuk meliputi ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, medis, logistik & peralatan, humas,  publikasi dan dokumentasi. Kegiatan yang dilakukan pada saat terjadi bencana  untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan yang meliputi penyelamatan dan evakuasi korban/harta benda,  pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pendampingan penanganan pengungsi serta pemulihan sarana dan prasarana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.