Rapi Sleman Dirikan Posko di Cangkringan

Paska kenaikan status Gunung Merapi dari aktif normal menjadi waspada, Radio Antar Penduduk Indoensia (Rapi) Sleman mendirikan Posko di Kecamatan Cangkringan. Rapi adalah lembaga non profit yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan yang pada awalnya bergerak di bidang radio komunikasi.

Sejalan tuntutan kebutuhan masyarakat utamanya di bidang kebencanaan, RAPI Sleman kemudian menambah geraknya di bidang SAR. Apalagi Kab.Sleman rawan terhadap bencana kecuali tsunami.

Rapi Sleman akhirnya membuat Divisi yang bergerak di bidang penanganan. Kebencanaan yakni SRC TB ( Satuan Reaksi Cepat Tanggap Bencana ), giatnya meliputi pantauan, pencarian, bantuan penanganan bencana.

Terkait dengan kenaikan status gunung Merapi dari Aktif Normal menjadi Level 2 (Waspada), SRC TB Rapi Sleman dalam rangka kesiapsiagaan membuat Pos Kegiatan yang dimulai pada hari Sabtu 4 Mei 2014.

Setelah dilakukan pertemuan koordinasi bersama BPBD Sleman, diputuskan dibuat Posko kesiapsiagaan dengan nama Posko Tanggap Bencana Rapi Sleman yang bertempat di rumah JZ 12 EBX, Pak Priyono Dusun Jetis Argomulyo Cangkringan Sleman.
Bp Kelik mewakili BPBD Sleman dalam arahannya mengatakan, “SRC TB Rapi dengan segenap anggotanya harus faham betul terhadap karakter, kondisi, medan, dan ancaman yang ditimbulkan dari gunung merapi, sehingga tepat dalam melangkah dan bergerak, disamping ucapan terima kasih atas kepekaan dan kesiapsiagaan Rapi’.
Di sesion berikutnya Bp Joko juga dari BPBD , memaparkan secara detail mengenai Kebijakan Pemkab, Kegunungapian , Mitigasi Bencana dan saran terhadap giat SRC TB.

Fasilitas Posko melipti Ruang Radio Siaran/pengendali, ruang rapat, dapur, ruang solat, ruang tidur, mck., 4 mobil evakuasi, 2 gergaji sinso, 2 tenda pleton,beberapa pesawat komunikasi, 1 pesawat hunting. Nomer frekwensi yang di pakai 142850 duplek -238 bekerja di input 140.470 tun standar, frekwensi alternatif 143.550 duplek -155 bekerja di input 142.000 tanpa tun.

Untuk giat Posko meliputi piket jaga 24 jam per hari, pantauan merapi secara fisual, Informasi perkembangan Gunung merapi 2 kali sehari sumber BPPTKG , info cuaca, Seting ht, dan giat lain sesuai lewel merapi.
Menurut R Suprapto, Ketua Rapi Sleman, Posko giatnya dimulai hari Minggu 5 Mei 2014 setiap sepuluh hari diadakan evaluasi perkembangan giat posko, termasuk menentukan kapan posko ini giatnya dipending. Dalam melaksanakan giatnya berhubungan dan berkomunikasi dengan BPBD maupun posko – posko komunitas yang sama- sama memantau giat merapi, imbuhnya.

IMG_4799Posko RADIO ANTAR PENDUDUK INDONESIA Kab. SLEMANSRC-TB RAPI Kab. SlemanSRC-TB RAPI Kab. SLEMAN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.