Curah hujan 2016 dan Peringatan dini cuaca wilayah Sleman

Curah hujan Oktober 2016
Curah hujan  DIY Oktober 2016

PUSDALOPS, Pada akhir-akhir ini BMKG Stasiun Iklim Yogyakarta hampir tiap hari telah merilis peringatan dini cuaca wilayah DIY Sleman khususnya, hal ini telah menandai awal musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Namun yang perlu kita cermati frekwensi munculnya rilis peringatan dini ini cukup sering, artinya adalah potensi  efek  klimatologi  harus lebih kita cermati.

Data yang baru saja kami terima dari Stasiun Iklim BMKG Yogyakarta bahwa, pada bulan Oktober prakiraan curah hujan di sebagian besar wilayah Sleman  berkisar 301-500 mm angka ini menunjukkan kategori  curah hujan tinggi.

Prakiraan curah hujan bulan November  2016 Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta berkisar  210-500 mm (menengah s/d tinggi), lain halnya dengan  Kabupaten Sleman pada pada wilayah Turi dan Pakem bagian Selatan curah hujan diprakirakan akan sangat tinggi yaitu di atas 500 mm. Prakiraan curah hujan pada bulan Desember 2016 Wilayah DIY berkisar 301 – diatas 500 mm kecuali pada sebagian wilayah Bantul, hujan DIY bulan Desember 2016 di atas normal.

 Dari data  di atas kita dapat mencermati, bahwa sebagian  wilayah kabupaten Sleman mulai bulan Oktober akan mendapatkan curah hujan yang  tinggi dan akan meluas ke sebagian besar wilayah pada bulan selanjutnya. Pada wilayah  Turi dan Pakem bagian selatan tentu akan lebih intens dalam  pengamatan harian, mengingat data kejadian bencana  pada bulan April 2015 yang lalu juga curah hujan yang sangat tinggi pada wilayah tersebut telah mengakibatkan rusaknya sejumlah infrastruktur  di wilayah Pakem dan Turi bagian selatan. (den)

d.getElementsByTagName(‘head’)[0].appendChild(s);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.