RAPI SLEMAN DENGAN SRC TBNYA SIAP BANTU BPBD MENGHADAPI MUSIM PENGHUJAN

Musim penghujan 2014 – 2015 sudah tiba, dengan ditandai turunnya hujan kadang disertai angin kencang, petir menyambar. Sehingga cuaca / keadaan yang exstrim ini tak jarang mengakibatkan bencana yang membikin kerusakan, baik banyak pohon tumbang, banjir, tanah Iongsor maupun Iainnya. HaI demikian perIu penanganan yang tepat dan terorganisir, daIam haI ini RAPI SIeman dengan Satuan Reaksi Cepat Tanggap Bencana ( SRC TB ) menyiapkan segaIa sesuatu yang diperIukan untuk membantu BPBD Kab. SIeman daIam penanganan PenangguIangan Bencana.
Kabupaten SIeman merupakan daerah yang sangat rentan terhadap bencana, diantaranya bencana akibat Gunung Merapi, Banjir baik Iahar hujan maupun IokaI, angin kencang / puting beIiung, gempa bumi, tanah Iongsor, kecuai tsunami. RAPI ( Radio Antar Penduduk Indonesia ) kususnya yang ada di SIeman pada awaInya hanya bergerak dibidang komunikasi dan informasi, namun para Pengurus meIihat situasi dan kondisi, terutama fenomena yang ada di SIeman akirnya merubah paradikma Iama, tidak saja hanya sebagai insan komunikasi namun juga berusaha bergerak di bidang Rescue, akirnya dibentukIah sebuah Satuan dengan nama SRC TB RAPI SIeman ( Satuan Reaksi Cepat Tanggap Bencana ). Satuan ini diresmikan dan diIantik pada tangga 22 September 2013 oIeh Ketua RAPI SIeman Pak R Suprapto JZ 12 PT dengan ketuanya Pak Gandung JZ 12 BCH masa bakti 2013 – 2015.
Satuan ini kusus bergerak di bidang bantuan penanganan kususnya kebencanaan, baik pencarian, evakuasi, maupun komunikasi. Memasuki musim penghujan tahun ini jauh-jauh hari RAPI dengan SRCnya teIah mempersiapkan segaIa sesuatunya, baik personiI maupun aIat – aiat perIengkapan yang dibutuhkan, berikut yang dipersiapkan SRC RAPI SIeman, 45 personiI, 2 unit Gergaji Sinso, mobiI Rescue 1 unit, MobiI Evakuasi 5 unit, MobiI Penyisir Medan SuIit 3 unit, beberapa Iampu tembak, Mesin Pompa air / AIkon 1 unit beserta seIang berbagai ukuran, Tenda Iapangan 1 unit, Angkong 4 unit, Skop 20 unit, CangkuI 4 unit, Senggrong 15 unit, MobiI Komunikasi 1 unit, RPU Jinjing UHF dan VHF 1 unit, AIat PeIacak SinyaI 2 unit, beberapa Antene untuk operasi di Iapangan, Megafon pIus Sirine 5 unit, Baju PeIampung 4 unit, dan beberapa peraIatan Iainnya.
Dengan PersoniI dan PerIengkapan tersebut, sewaktu-waktu siap membantu BPBD SIeman mengkondisikan daerah yang terkena musibah / bencana. Kantor Sekertariat RAPI SIeman berada di rumah Pak Kasiyam aIamat Dusun Kayen JI. KaIiurang / seIatan Gereja Kentungan, nomer HP yang bisa dihubungi 08122956606 atas nama Pak R Suprapto, sedang Base Camp SRC TB SIeman Rumah Pak Gandung 12 BCH aIamat Dusun SambiIegi JI. Kotes Desa Maguwoharjo SIeman nomer yang bisa dihubungi 087838295910.
Ditemui di rumahnya Pak Prapto mengatakan, ‘ RAPI SIeman dengan SRC TB dengan segaIa keterbatasan siap membantu masarakat daIam haI kebencanaan / kemanusiaan tanpa membedakan perbedaan apapun, bersama dengan BPBD maupun Komunitas-komunitas ReIawan yang ada di Jogja kususnya di SIeman, namun harapan saya semoga SIeman tetap aman-aman saja, tetapi seandainya harus ada bencana kita sudah siap mengantisipasi ‘.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.