400 -AN WARGA DUSUN JETIS SUSURI KALI GENDOL

Salah satu Dusun yang terletak di Bantaran Kali Gendol adalah Dusun Jetis, letak dengan Kali sangat dekat, sehingga rawan terhadap dampak aliran lahar hujan, pada hari Sabtu semua warga keluar untuk mengikuti penyisiran Kali Gendol, awal sampai akir acara berjalan dengan aman dan lancar.
Dusun Jetis memberanikan diri menjadi Dusun Tanggap Menghadapi Bencana, Bermula Pasca Erupsi 2010 ditunjuk oleh salah satu lembaga Masarakat yakni MDMC bersama BPBD Sleman untuk mengadakan Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana Lahar Hujan. Waktu itu langsung oleh beliau-beliau ditetapkan sebagai Dusun Tanggap Bencana, dan sampai sekarang walau belum seperti yang diharapkan semua unsur yang ada di dusun berusaha mempertahankan makna tersebut.
Sekaligus mangayubagyo datangnya Tahun Baru Hijriyah 1 Muharom 1436 H, pada hari Sabtu 25 Oktober 2014 dusun Jetis mengadakan jalan sehat keluarga dengan rute menyusuri Bantaran Kali Gendol yang berada di wilayah Dusun. Dari total jumlah warga 500 lebih, ikut acara susur kali sekitar 400 warga dari semua umur dan jenis terlibat, selain jalan sehat keluarga juga diadakan Penyuluhan tentang kesiapsiagaan menghadapi datangnya musim pengujan dan ancaman Merapi, disamping pembagian 100 Dorprise dan Orgen Tunggal oleh warga sendiri.
Lurah Desa Argomulyo dalam sambutannya sebelum melepas rombongan jalan sehat, mengatakan “ salut terhadap acara sepereti ini, ini merupakan rekreasi murah tapi meriah dan punya nilai plus untuk PRB, tanpa biaya banyak tapi warga akan semakin kuat rasa kebersamaannya, apalagi nanti akan menyusuri Gendol mestinya warga akan tau persis kondisi gendol saat ini terutama yang dekat dengan dusun ini, sehingga nanti bila hujan tiba dan terjadi banjir, warga semakin tau harus bagaimana bertindak sehingga akan selamat dan aman, semoga acara ini dapat menjadi inspirasi dusun-dusun lain, dan ini bisa diagendakan di waktu-waktu mendatang, salut untuk Jetis “ begitu akir sambutannya.
Rute yang ditempuh kurang lebih 3 KM dengan pengamanan dari tim Relawan Dusun Jetis ACSY dengan frekwensi koordinasi 14777 Dairek, acara dimulai pukul 06.30 dan berakir dengan aman dan lancar pukul 10.30 WB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.