JALUR EVAKUASI CANGKRINGAN OKTOBER 2014

Kondisi jalur evakuasi bagi warga Cangkringan yang berada di daerah yang rentan terhadap erupsi merapi relatif berbeda antara jalan yang satu dengan lainnya. Ada yang layak ada yang tidak layak, baik di Cangkringan sisi barat, tengah maupun timur.IMG_7471
Beberapa Dusun di Cangkringan berada di area yang letaknya tidak begitu jauh dari Gunung Merapi, sehingga apabila merapi meningkat aktifitasnya dan mengharuskan warga untuk turun mengungsi, sehinngga idialnya jalan untuk evakuasi kondisinya normal ( jalan rata/halus, lebar, penerangan memadai ), dengan demikian ketika dilalui oleh pengungsi, bisa cepat, aman, tidak macet, akirnya keselamatan warga terjamin.
Berikut kondisi jalur evakuasi terkini hasil penelusuran secara manual oleh penulis pada hari Sabtu 18 Oktober 2014 pukul 14.00 WB, berurutan dari sisi Barat / dari Desa Umbulharjo dan Wukirsari. Dari Dusun Pangukrejo ke selatan sampai Barak Kedung Brayut kondisi jalan beraspal, ada yang rata adan yang berlubang, ada yang bergelombang, lebar jalan sedikit kurang lebar bila kondisi urgen, tidak ddilalui truk material, namun secara umum masih layak.IMG_7471

IMG_7483
Dari Dusun Ploso Kerep Umbulharjo ke selatan sampai Dusun Watuadek, kondisi jalan beraspal, jalan dilalui oleh armada Truk pengangkut material, mulai berlubang-lubang dan bergelombang, jalan sempit bila untuk papasan, kerusakan jalan tinggal tunggu waktu.
Jalan Tikus / alternatif dari Huntap Golf ke selatan sampai Dusun Bulak Salak Wukirsari, kondisi jalan, sempit, jrambah beton, gelap bila malam, tidak untuk lewat armada truk material, bila situasi urgen dan dipakai untuk lewat evakuasi harus hati-hati.IMG_7489
Jalur di Desa Kepuharjo, dari Dusun Kopeng sampai Masjid Dusun Batur kondisinya aspal rusak, jalan berlubang dan bergelombang, bila urgen kondisinya tidak layak. Kemudian dari Masjid Batur ke selatan sampai Perempatan Plagrok, kondisi jalan beraspal baru, halus, lebar cukup, cukup layak. Dari Perempatan Plagrok ke selatan sampai Dusun Geblok Wukirsari kondisi jalan, ada yang rata ada yang kurang rata, bukan aspal tapi material campuran ( sirtu, pasir, sedikit tanah, dasarnya banthak ), jalan sudah dimulai pelebaran sekitar Dusun Duwet sampai Cakran, sebagian ditalut, di barat Dusun Geblok masih banyak tumpukan material, tidak dilalui armada pengangkut material, bila urgen evakuasi harus hati-hati.
Di sisi Timur Gendol, dari Dusun Singlar ke selatan bila lewat jalan lama kondisinya sangat tidak layak, berlubang, banyak bebatuan kecil, berdebu, untuk jalan armada pasir. Bila lewat jalan Kikis/Perbatasan Sleman Klaten, dari Dusun Gading ke selatan sampai Balai Desa Glagaharjo, kondisi jalan, aspal rusak, banyak berlubang, bergelombang, berdebu, dilalui armada pengangkut pasir, jalan sempit, bila urgen untuk lari evakuasi kondisinya bisa mengancam keselamatan warga. Sedang dari Pasar Mbutuh ke selatan sampai Barak Gayam Argomulyo, kondisi jalan beraspal, halus, sementara dilalui armada pasir tetapi sementara masih layak.
Demikian kondisi jalur evakuasi saat ini, semoga jalur tersebut tidak digunakan untuk lari mengungsi, itu artinyai tidak ada proses evakuasi, dengan demikian harapan kita semua tidak ada bencana lagi. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.