MENJAMUR JASA PENCUCIAN TRUK DI CANGKRINGAN

MENJAMUR JASA PENCUCIAN TRUK DI CANGKRINGANPuluhan penjual jasa pencucian truk bermunculan di sepanjang jalan pengangkutan tambang material Gunung Merapi kususnya di Kecamatan Cangkringan, mayoritas aktivitas tersebut dilakukan oleh masarakat Cangkringan generasi muda.
IMG_7462

IMG_7537 copy
Kreatifitas warga Cangkringan untuk mencari celah-celah peluang mendapatkan penghasilan patut diapresiasi, terutama kaitannya dengan material Merapi, disamping menambang langsung, sebagai Thoker, Parkir armada, Portal, kuliner, Tambal ban truk, juga sekarang yang bermunculan adalah jasa pencucian truk. Terhitung dari BBI ke utara sampai Dusun Gungan puluhan tempat pencucian terdapat di kanan kiri jalan raya, belum yang berada di sisi barat tepatnya di Desa Wukirsari dan Umbulharjo dan Glagaharjo di sisi timur. Sebagian besar aktifitas tersebut berada di tempat-tempat pemberhentian truk, sehingga para penjual jasa cuci mencari sumber air sebagai bahan utamanya.
Menurut Pak Wawan, salah satu penjual jasa pencucian , setiap mencuci 1 armada truk, dia mendapatkan upah dari sopir armada sebesar Rp 10.000. Dia mangkal tepatnya di barat Kantor Kecamatan Cangkringan lama disamping toko kelontong miliknya, setiap hari sementara ini rata-rata mencuci 10 sampai 20 armada truk. Sementara Pak Kotel yang mangkal di jalan Tambang Dusun Pandan setiap harinya bisa mencapai 30 sampai 50 armada, uang tersebut sebagian ia tabung sebagian untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Juga di barat Dusun Jaranan terdapat Tempat Pencucian truk milik Pak Danu disamping ngadep warung makanan, tiap hari mencuci truk rata 15 armada, disamping para sopir-sopir juga pada makan di warungnya sehingga penghasilannya cukup lumayan.
Bagi sebagian warga erupsi merapi 2010 sekarang dirasakan mebawa berkah,itu yang bisa memenet dengan benar, tetapi bagi mereka yang tidak bisa mengelola dengan benar justru bisa menimbulkan malapetaka bagi dirinya yang berimbas juga bagi keluarganya.
Perlu dicari celah-celah peluang yang lain yang dapat dijadikan lahan warga untuk menambah penghasilannya, sehingga erupsi merapi merupakan bencana yang akirnya membawa berkah, amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.