TIM DTB ARGO BAGI MASKER KE WARGA

Ahad  20 April  2014

Akibat  letupan  merapi  yang terjadi di pagi-pagi buta , Tim Desa Tangguh Bencana (DTB) Argomulyo Cangkringan  melakukan antisipasi dengan memberikan informasi dan pembagian masker  pada warga.

IMG_4724

Minggu pagi buta tanggal 20 April 2014  sekitar jam 04.20 an menit  lagi-lagi Gunung Merapi  menggeliat menampakkan aktifitasnya  yang agak lebih tidak sepereti biasanya,  yakni  kawah mengeluarkan asap hitam yang dari jarak 15 km nampak samar – samar membumbung tinggi karena  masih agak gelap.

Sebagian masyarakat masih  tertidur pulas sehingga tak tahu  kejadian tersebut, sedang masyarakat yang sudah bangun dan tahu, langsung berhamburan keluar rumah  pada menengok keutara melihat , mendengarkan, mencari tahu situasi gunungmerapi.

Sedang warga masyarakat yang dekat dengan gunung kususnya yang masih tinggal di daerah KRB sebagian pada turun ke bawah menjauh dari gunung, menuju ketitik-titik kumpul dan barak pengungsian ,  kususnya  kelompok rentan.

Pada pagi itu kebetulan  arah angin berhembus  keselatan   dan condong ke barat    laut ,  maka otomatis  abu yang keluar dari merapi  terbawa angin menuju ke selatan dan barat laut. Sekitar  pukul  06.00 WB  hujan abu mulai terjadi  di sekitaran dusun-dusun di Argomulyo,  dengan ketebalan yang cukup lumayan mengganggu  aktifitas warga.

Melihat situasi demikian  tim  DTB Argo  bersama dengan luar desa cepat-cepat  memberikan informasi  kepada  warga  melalui  pengeras suara masjid  dan media lain,    walau terjadi  hujan abu  tetapi  situasi terutama gunung   merapi dalam kondisi aman.

Kegiatan lainnya adalah menbagikan masker kepada warga  yang  membutuhkan, terutama  yang melakukan aktifitas  di luar  rumah.

Sedang  pembagian  masker bagi yang beraktifitas diluar  rumah, dilakukan dibeberapa  titik,  yakni di depan  kantor  Balai Desa  lama,   di perempatan  / bawah pohon beringin,  perempatan  BBI,   di depan  Kantor Balai Desa Baru,  setiap  titik  bertugas minimal  2 personil.

Dari  pantauan di lapangan ternyata  masih  banyak warga masyarakat yang melakukan aktifitas di luar rumah tidak memakai masker atau pengaman yang lain, sehingga sangat membahayakan kesehatannya.

Sekitar  pukul  09.30  kegiatan  DTB  dirasa cukup, karena terpantau  sudah tidak  terjadi  hujan  abu lagi,  tinggal  dijalan raya yang masih   berhamburan karena hempasan roda  kendaraan yang lewat.

IMG_4723

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.