SARANA KOMUNIKASI

SARANA KOMUNIKASI

Saluran Komunikasi Sosial Bersama (SKSB) Cangkringan merupakan Paguyuban non profit dibidang sosial terutama kebencanaan. Paguyuban ini lahir tahun 2006 di barak pengungsian Kepuharjo Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Dalam kegiatan rutin dimusim penghujan adalah memantau aliran lahar di Kali Gendol dan Kali Opak. Dengan memantau diharapkan juga bisa menginformasikan dan menindak lanjuti terutama apabila alirancukup membahayakan masyarakat.

Setelah letusan Merapi 2010 ini SKSB cukup sibuk karena disamping harus memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi ancaman yang ada, SKSB juga sibuk menata diri karena hampir seluruh aset Paguyuban ini habis tersapu letusan Merapi.

Saat ini SKSB sudah mernpunyai Pos Induk lagi setelah difasilitasi oleh Pemerintah Desa Kepuharjo yang berupa dana dan tanah tempat membuat Pos. Pancar ulang juga sudah berfungsi walau cukup memprihatinkan karena masih menggunakan peralatan yang lama.

Dimusim kemarau bukan berarti tidak ada kegiatan bagi SKSB, tetapi merupakan saat untuk berbenah atau mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi musim pemghujan, karena disaat musim penghujan kegiatan terfokus dipengamatan lahar dingin demi keselamatan warga.

Ditulis oleh thiwul

Selasa, 28 Juni 2011 10:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.