Pos Pantau Merapi Lap. Stiper Glagaharjo Perlu Dukungan Alat

GLAGAHARJO. Pos Pantau / Pos Jaga aktifitas gunung Merapi di desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman selesai direhab, hari Minggu 19 Januari 2020 diadakan sukuran bersama.

Pos yg terletak di komplek Lapangan Stiper dusun Kali tengah lor, Glagaharjo tsb, pada awalnya hanya berupa tenda terpal biasa bantuan BPBD Sleman.
Setiap malam rutin ada piket jaga secara bergantian, dari unsur Komrel KSM, Pemdes dan warga sekitar Pos.

Aktifitas jatwal piket Posko adalah mengamati dan mencermati perkembangan aktifitas gunung merapi secara manual, Posko yg berjarak 5,2 KM dengan Merapi tsb, secara manual aktifitas Merapi dapat terlihat dengan jelas

Apabila ada perkembangan merapi yg urgen, maka dengan cepat akan tersampaikan ke warga masyarakat untuk mengambil langkah tindakan penyelamatan.

Tasyakuran atas selesainya rehab Posko yg menghabiskan dana Rp 40.000.000 bantuan UPK Cangkringan dan swadaya Desa tsb, dihadiri Kapolsek, Pemdes, KSM dan warga setempat.

Dengan terbangunnya Pos secara permanen, maka pantuan aktifitas gunung Merapi akan lebih nyaman da aman. Namun belum ada alat-alat pendukung yg penting seperti CCTV, Pengeras suara, mebeler, Radio Rik.

Rambat ” RBT ” ketua KSM, berharap ada bantuan dari manapun untuk melengkapi alat-alat penunjang aktifitas di Posko, terlebih BPBD atau yg lainnya.