Sultan : Jaga Sungai, Selamatkan Air Untuk Kebutuhan Warga

CANGKRINGAN. Pesan Sultan kepada warga dan Dukuh-dukuh bantaran sungai Gendol Argomulyo, Cangkringan, ‘ jaga sungai selamatkan air untuk kebutuhan warga, alur sungai sudah dalam jangan ditambang lagi “.
Hal ini berlangsung hari kemarin Tanggal 11 September 2021 dalam lawatannya ke beberapa tempat di lereng Merapi dan sempat singgah sebentar di Dam Bakalan, Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Ketua FPRG Argomulyo ditemui di tempat tersebut menjelaskan, mata air yang ada di sungai Gendol sekitar Dam Bakalan, mengalir lewat alur sungai tersebut memenuhi kebutuhan warga bantaran, baik untuk resapan sumur ( untuk minum, mandi ), untuk pengairan pertanian dan kolam juga untuk minum ternak.

Ketergantungan warga Argomulyo ke selatan yg bermukim di bantaran terhadap air dari sungai Gendol cukup tinggi, sehingga kelestarian ekosistim harus dijaga, jangan sampai salah tata kelola ( seperti penambangan, pengambilan air secara besar-besaran dengan sumur bor dll ) yang justru bisa menimbulkan bencana baru, yakni bencana kekeringan.

Harapan warga, semoga sungai Gendol terutama yg berada di wilayah Argomulyo tidak rusak, air tetap berlimpah, sehingga kebutuhan air tetap tercukupi.


Foto lawatan Sultan ke Dam Bakalan Argomulyo Cangkringan, berdialok dengan warga.