Barak Glagah : Seluruh Warga Dipulangkan Hari Ini

CANGKRINGAN. Hari ini Selasa 26 Januari 2021 seluruh warga yang berada di Barak Pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, DIY dipulangkan ke daerah asal.

Dua setengah bulan lebih warga dusun Kali tengah lor terutama kelompok rentan berada di Barak Pengungsian, menyusul rekomendasi BPPTKG yg menaikkan status gunung Merapi ke level Siaga dan menyatakan dusun tersebut masuk zona bahaya.

Perkembangan terakhir, aktifitas Merapi menunjukkan kemunculan kubah lava serta luncuran lava pijar mengarah ke barat daya, hal ini merubah zona bahaya.
BPPTKG merekomendasikan dusun Kali tengah lor yg berada di sisi selatan tenggara Merapi, aman untuk aktifitas warga sehingga kelompok rentan yang berada di pengungsian diperbolehkan kembali ke dusunnya.

Proses pemulangan warga pagi ini dilakukan secara mandiri, oleh warga bersama Tim Unit Lak Kalurahan setempat.

Dalam acara kenduri pelepasan Pemulangan pengungsi, Lurah Glagaharjo Suroto mengatakan, ” Ucapan terima kasih kepada BPBD Sleman, Unit Op Cangkringan, Desa Penyangga dan para donatur serta Relawan dari manapun datangnya, yg telah membantu kami warga Glagaharjo dalam menangani pengungsian, apresiasi dan penghargaan yg tinggi, harapan kami semua warga Glagaharjo semoga selepas Pemulangan warga kami dari Barak ini, situasi dan kondisi semakin aman, Merapi tetap aman dan cepat kembali normal sehingga kehidupan kami semua juga cepat kembali normal seperti sedia kala “.

Penewu Cangkringan berpesan, walaupun warga sudah pulang kerumahnya, tetapi Kesiapsiagaan dan kewaspadaan harus tetap dijaga, jangan sampai lengah, harapan kita semua Merapi cepat normal kembali, semua warga bisa beraktifitas seperti biasa merasa aman dan nyaman.


Foto suasana Kenduri pemulangan pengungsi Glagaharjo