Covid 19 : Ketika Masih Jauh Mitigasi Menggelora, Sekarang Makin Mendekat Semangat Mitigasi Melemah

COVID SLEMAN. Corona 19 semakin mewabah, persebaran dan penularannya sulit dilacak menyebar ke mana-mana, klaster-klaster baru bermunculan.

Penambahan tiap harinya cukup siknifikan, semua wilayah masuk zona merah.

Pada awal-awal pandemik mulai, ibarat musuh masih jauh ( terpapar belum seberapa ) menjadi bouming / pembicaraan di setiap obrolan, baik instansi Pemerintah, Swasta, Lembaga, Ormas dan masyarakat.

Mitigasi dan usaha-usaha memutus mata rantai penularan gencar dilakukan di mana-mana, di sudut-sudut kampung, perkotaan, jalan masuk, lorong-lorong, di gang-gang dilakukan pembatasan area, dilakukan penyemprotan desinfektan bahkan marak Lock Down wilayah.
Itu semua dilakukan sebelum Covid mendekat.

Saat ini hampir satu tahun penyebaran Covid semakin menjadi-jadi, angka terus bertambah, penularan sulit dideteksi, wilayah didominasi zona merah.

Namun nampak di lapangan / di tengah masyarakat, kantor-kantor, instansi, mitigasi dan usaha memutus mata rantai penyebaran sangat lemah bahkan ada yg tidak nampak.

Inilah yg terjadi, “Ketika musuh masih jauh, mitigasi gencar menggelora dilakukan, tetapi sekarang musuh di depan mata justru mitigasi usaha memutus mata rantai penyebaran lemah “.

Seyogyanya mitigasi cepat dibangkitkan lagi, harapan Covid dapat diatasi.