Sultan : OTG Tak Bermasker Resiko Penularan Covid 70 %, Jika Bermasker Hanya 5 %

Rilis Himbauan Gubernur DIY Sri Sultan HB X, dimasa Pandemik Covid 19 ini agar masyarakat membiasakan diri memakai masker supaya terhindar dari tertularnya corona, banyak kawula Jogja yg tak mengindahkannya.

Himbauan yang setiap saat tayang di Stasiun TV yg ada di Jogja tsb, Sultan mengilustrasikan bahwa jika kita bermasker maka prosentase penularan Covid menjadi kecil atau aman dari penularan Covid 19, tapi sebaliknya jika tidak bermasker menjadi rawan penularan, terlebih untuk OTG tanpa bermasker resiko penularan berpeluang 70 %, tetapi bila bermasker, resiko penularan hanya sekitar 5 %, jaga diri kita juga orang lain dari penularan Covid 19.


Foto ilustrasi OTG bermasker.

Namun sampai saat ini warga DIY masih banyak yg belum mematuhi dan menjalani himbauan Sultan tersebut, seperti nampak di jalan raya, di pasar-pasar, di tempat – tempat tongkrongan remaja dsb.
Contoh kasus remaja di Argomulyo yg sedang nongkrong di tepi jalan yg tanpa bermasker, ketika ditegur, jawabannya ” santuy aja buk “.

Saat ini peningkatan warga terkonfirmasi positif corona di DIY belum mereda, terlebih kabupaten Sleman. Maka perlu kerja keras untuk mendisiplinkan warga untuk mau menerapkan protokol kesehatan dalam setiap giat aktifitasnya.