SMPN 2 PAKEM BERSIAP MENJADI SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA

SMP Negeri 2 Pakem atau lebih dikenal sebagai SMP Hargo akhirnya dipersiapkan menjadi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Penunjukan sekolah ini menjadi SPAB sangatlah tepat karena titik letak sekolah yang berdekatan dengan lereng gunung Merapi atau 4,5 km di dibawah obyek wisata Kaliurang, dan juga berada di tepi kali Kuning berjarak kurang dari 100 m dari bibir sungai tersebut. Pelatihan untuk menuju SPAB tersebut  diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari pengurus OSIS, Siswa, Guru,Karyawan, Sekolah dan tokoh masyarakat sekitar sekolah serta didampingi oleh fasilitator dari Tim BPBD Sleman,YEU, dan komunitas Lingkar,dan PMI Sleman.
Harapan dari pelatihan ini adalah seluruh siswa,guru, dan karyawan semakin mengenal mitigasi bencana, menentukan titik kumpul yang aman, menentukan jaur evakuasi, serta dapat melakukan evakuasi secara mandiri maupun bersama sama.

Rencana pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana ini akan diakhiri dengan Gladi lapang Sekolah Siaga Bencana (SSB) sekaligus akan dilakukan pengukuhan  sebagai Satuan Pendidikan Aman Bencana oleh Bupati Sleman.