PENAMBANGAN GALIAN C DAPAT MERUNTUHKAN MUSEUM GUNUNG MERAPI (MGM)

Siang tadi sekitar jam 10.30 saya mencoba mengelilingi Museum Gunung Merapi yang kebetulan padat pengunjung dengan naik motor Beat dari luar pagar Museum sisi Barat meski dengan kondisi medan dan jalan agak sulit berusaha mengitari museum. Tetapi sungguh mengejutkan karena dibalik museum yang megah tersebut terdapat area penambangan galian jenis golongan C yang mirip dengan gurun , dengan tebing yang curam yang tidak terlalu jauh dari pemukiman dusun Boyong, Hargobinangun Pakem.
Perlu dipertanyakan pula meskipun lokasi tersebut adalah lahan milik penduduk apakah tidak ada pengendalian, agar penambangan tidak memunculkan bencana alam yang fatal karena ulah manusia (man made). Bila tidak ada pengendalian dan lokasi penambangan tersebut tersambung dengan hulu Kali Pelang yang berada di sisi Timurnya  bila terjadi hujan yang ekstrim yang cukup lama bisa mengancam keberadaan Museum Gunung Merapi (MGM) yang menjadi asset Pemerintah dengan anggaran yang sanngat mahal ,disamping juga untuk mereklamasi kawasan tersebut seperti dulu membutuhkan waktu yang sangat lama, mengingat kawasan tersebut juga menjadi kawasan konservasi air dan daerah tangkapan air (catchment area).

Sementara ini penambangan masih berlangsung, dan truck pengangkut masih berseliweran tak kalah peran sertanya dalam mendorong mempercepat rusaknya jalan jalur evakuasi. Salam tangguh, siap untuk selamat.