BELAJAR DI MUSEUM GEMPA Dr.SARWIDI

Museum ini berdiri atas prakarsa dan keresahan dari foundernya yaitu Prof.Ir.Sarwidi,MSCE,PhD karena minimnya dokumen karya ilmiah tentang kegempaan,peristiwa dan kejadian gempa di seluruh wilayah Indonesia bahkan di tingkat dunia. Museum Gempa (Musega) Dr.Sarwidi terletak di Jl. Malangyudo,Kaliurang Timur, Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sekitar 500 meter menuju Tlogo Putri (bila melintas jalan Malangyudo).
Banyak dijumpai dokumen- dokumen dari dunia pelosok tanah air dan dunia berikut karakteristik kegempaannya yang dikumpulkan secara telaten oleh sang Professor untuk melengkapi koleksi museum yang terus bertambah.Hal yang sangat istimewa di museum ini adalah berbagai jenis pemodelan BARRATAGA (Bangunan Rakyat Tahan Gempa) dari yang mulai tingkat sederhana dan model minimalis modern kekinian yang sudah mulai di fabrikasi yang kini sudah sampai ke serial VF 11 A yang merupakan gabungan model industri 4.0 dan revolusi modifikasi model konvensional yang bermitra dengan PT SemenIndonesia (Holcim) dan PT Pembangunan Perumahan (PP) yang dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2019 silam. Karya Barrataga ini sudah dipatentkan disamping karya alat uji kegempaan yang lain juga memiliki hak patent.
Meski terkesan sederhana,museum ini sudah mulai mendunia karena banyak dikunjungi oleh badan dunia terkait dengan rekayasa teknologi gempa dengan tujuan untuk pengurangan resiko bencana.

Museum ini juga sebagai tempat kuliah wisata teknik sipil UII untuk mata kuliah teknik rekayasa kegempaan dimana mahasiswa bisa melakukan sendiri simulasi prototipe bangunan dengan tingkat kegoncangan pada skala tertentu.
Jangan takut dan enggan belajar dan berkunjung di Musega Dr.Sarwidi ini, karena siapapun yang berkunjung pasti disambut dengan penuh kehangatan. Kunjungan mulai dari kelompok keluarga,Sekolah PAUD, TK, SD, SMP,SMA/K sampai Perguruan Tinggi dengan terbuka perlu berkunjung sambil berwisata di Kaliurang yang ber udara sejuk sambil nge JEEP.
Ayo kunjungi museum yang satu ini, salam tangguh, siap untuk selamat.