Studi Banding Sosmas UGM Ke Komrel SKSB Cangkringan

KEPUHAHARJO – CANGKRINGAN. Sejarah terbentuknya SKSB, kegiatan yg pernah dan sedang dilakukan, penentuan titik kumpul dan jalur evakuasi pengungsian, itulah materi yg dikupas oleh gabungan Mahasiswa di bawah koordinasi BEM UGM, yg melakukan kunjungan studi banding di Komrel kebencanaan SKSB Cangkringan, Sleman.


Foto anggota Sosmas UGM di depan Posko SKSB.

Kunjungan Sosmas berlangsung hari Minggu 10 Nopember 2019, dan langsung diterima jajaran pengurus SKSB di Posko Induk dusun Batur, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Sosmas sendiri terdiri dari utusan berbagai perguruan tinggi, seperti dari UNES Semarang, dari Papua, dari Ambon, dari Purwokerto disamping Universitas yg ada di Jogja termasuk UGM sendiri.

Remon wakil SKSB mengakiri pemaparan materi, secara detail, jelas dan gamblang menjelaskan tentang proses penentuan titik kumpul, jalur evakuasi dan SOP SKSB, yang sebelumnya materi lain disampaikan Jikun, Supri Semprit dan Dayun.

Menurut salah satu peserta kunjungan ,Fitri dari Semarang, ” Kegiatan ini dalam rangka menambah dan mengetahui referensi tentang kesiapsiagaan komunitas Relawan di lereng Merapi, belajar pengalaman yg pernah dilakukan temen temen di Cangktingan ketika terjadi erupsi Merapi apa dan bagaimana yg dilakukan “.


Foto kenang-kenangan Sosmas UGM diterima Jikun ketus SKSB Cangkringan.