Relawan Ikuti Pelatihan Water Rescue

Kegawat daruratan air merupakan salah satu penyebab kematian dalam konteks kecelakaan atau bencana alam .Bencana ; peristiwa yang di sebabkan oleh alam atau ulah manusia secara tiba-tiba atau perlahan sehingga menyebabkan hilangnya jiwa manusia,harta benda dan kerusakan lingkungan ,ini di luar kemampuan manusia dan sumber dayanya.Banjir bandang,bencana alam yang di akibatkan meluapnya air sungai di akibatkan curah hujan yang tinggi sehingga volume air yang masuk ke sungai meluap dan merendam lingkungan dan ikuti material.
Water rescue merupakan suatu teknik pertolongan/evakuasi yang di lakukan di air.Atau suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jiwa manusia dan segala sesuatu yang berharga yang berada dalam keadaan menghawatirkan.
Perhitungan/pertimbangan kemampuan penolong untuk memilih dan menentukan kemampuan dan keterampilan yang di miliki,serta metode yang harus di lakukan . penolong akan mudah memilih prosedur pertolongan yang paling cepat dengan resiko kecil . Untuk peningkatan kapasitas para relawan SAR DIY menggelar pelatihan water rescue yang di peruntukan untuk para relawan pada hari Minggu 11 Maret 2018 di embung kali aji Wonokerto Turi Sleman . Kegiatan ini di ikuti sebagian dari unsur relawan secara mandiri materi yang di sajikan secara teori dan praktek langsung di air.Dalam pelatihan yang di gelar hanya satu hari ini peserta menerima tehnik penyelamatan di air dan pertolongan korban setelah berhasil di evakuasi .Di harapkan peserta setelah mengikuti pelatihan ini nantinya mampu mengaplikasikan tehnik saat melakukan penyelamatan dengan : memprioritaskan keselamatan penolong adalah utama hindari kontak langsung dengan korban ,gunakan alat bantu untuk menambah jangkauan dengan korban . Sehingga saat menghadapi kejadian yang sesungguhnya para relawan tidak panik dan mampu mengarahkan potensi yang ada di lapangan untuk selalu mengutamakan para penolong.