KECELAKAAN DI JALAN RAYA MASUK KATEGORI BENCANA?

Kita kadang sering terlupa dengan hal-hal yang dianggap peristiwa kecil tetapi justru sering memunculkan dan menimbulkan korban tidak hanya nyawa tetapi juga harta benda dan bahkan nyawa orang lain. Kecelakaan di jalan raya sering muncul karena faktor manusia yang kurang siap, kurang mampu, kurang memahami prosedur dan aturan ketika mengendarai kendaraan entah sepeda motor roda dua dan kendaraan roda empat atau lebih.
Kesalahan pada faktor manusia karena kurang memahami keamanan berkendara (safety riding) misalnya tidak mengenakan helm untuk motor,dan mengendarai motor melebihi batas kecepatan ; Tidak menggunakan/ mengenakan sabuk pengaman (safety belt) dan adanya faktor lain yang terkait dengan kecerobohan manusia yaitu berkendara sambil mengoperasikan hand pone, mengantuk, terpengaruh obat, terpengaruh minum- minuman keras. Hal hal tersebut lah yang penulis sebut kecelakaan jalan raya bisa dimasukkan pada kategori bencana karena yang menjadi korban tentu akan melibatkan orang lain karena kelalaian atau kesengajaan yang dilakukan oleh pengendara, pengemudi yang sering dijumpai.
Bahkan seiring dengan kemampuan ekonomi masyarakat, sering orang tua tanpa sadar melakukan pembiaran terhadap anak anaknya yang dibawah umur untuk mengendarai motor maupun mobil tanpa mengenakan helm, tanpa SIM, tanpa sabuk pengaman tetapi kadang justru menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tuanya karena merasa anaknya sudah pandai menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil meski secara normatif dan aturan perundangan anak – anak dibawah umur belum diijinkan mengendarai, mengoperasikan kendaraan di jalan raya.
Tampaknya hal semacam ini bisa menjadi refleksi kita bersama untuk mendorong kerjasama instansi terkait agar korban di jalanan bisa semakin terkurangi karena kecelakaan di jalan raya tidak kalah banyaknya dibanding dengan korban bencana alam apapun, semoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.