AKIBAT HUJAN DERAS 3 DESA ATAS DI WILAYAH KECAMATAN PRAMBANAN TERJADI TANAH LONGSOR

Selasa 9 Pebruari 2015 sejak siang di Wilayah Kecamatan Prambanan mengalami hujan cukup deras hingga malam hari, akibatnya 3 Desa yaitu Desa Gayamharjo, Wukirharjo dan Sambirejo terjadi tanah longsor dan runtuhan batu disejumlah titik.

Di Dusun Lemahbang Rt 03 Rw 09 Desa Gayamharjo sekitar petang hari terjadi tanah longsor yang mengakibatkan satu Kepala keluarga 4 jiwa terancam harus dievakuasi yaitu atas nama wakiran umur 45 tahun karena langsung kena dampak longsoran tebing sepanjang 70 m dan tinggi 40 m ,akibatnya rumahnya terkena lompu dan air, rencananya Wakiran dan keluarganya akan mengungsi ditempat saudaranya selain itu ada sejumlah kepala keluarga yang rumahnya berada di dekat tebing juga merasa sangat terancam keselamatanya, hingga berita ini dibuat baru sebatas koordinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Gayamharjo.
Selain itu di dusun losari I Rt.03/Rw06 Desa Wukirharjo dihari yang sama juga terjadi tanah longsor didepan rumah Sadiyo mengakibatkan sebagian rumahnya mengalami kerusakan, tebing sepanjang 30 m tinggi 3 m di depan rumahnya ini pada selasa malam sekitar pukul 20.00, longsor kerugiaan ditafsir sekitar 8 juta dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa namun sadiyo dan keluarga yang terdiri dari 4 jiwa ini merasa khawatir karena di sekitar rumah banyak tebing tapi harus bagaimana karena sudah tempat saya seperti ini keluh sadiyo.
Peristiwa selanjutnya menimpa Suyamto 60 tahun yang beralamatkan di Dusun Losari 2 Rt 02 Rw 12, tebing sepanjang 30m tinggi 3m di belakang rumahnya akibat hujan deras semalaman mengakibat tanah longsor. Rumah yang dihuni 2 jiwa ini mengalami rusakan hingga ditafsir kerugian sekitar 10 juta, Pemerintah setempat telah melakukan koordinasi dengan Camat Prambanan serta BPBD Kabupaten Sleman. Dua kejadian tersebut juga sudah dilaporkan secara tertulis oleh Kepala Desa kata Wagiyo Sekdes Wukirharjo , untuk selanjutnya segera akan diadakan kegiatan gotong royong oleh masyarakat sekitar guna membantu para korban imbunya.
Di ruas jalan Mlakan – Gedang Sambirejo juga terjadi runtuhan batu pada selasa malan sekitar pukul 22.00 WIB setelah wilayah ini diguyur hujan sejak siang hari hingga tegah malam kejadian ini mengakibatkan jalan aspal yang menuju Sambirejo-Gayamharjo mengalami kerusakan, namun tidak ada lingkungan penduduk yang terancam, akibat peristiwa tersebut para penguna jalan harus berhati-hati karena lubangan bekas batu tersebut berkedalaman sekitar 40 cm lebar 150 cm sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Kejadian ini telah diketahui oleh Pemerintah setempat dan lubang tersebut akan segera akan ditutup mengunakan semen.

“Ditulis oleh Pak J “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.