POTENSI BANJIR SUNGAI GENDOL SAMPAI JANUARI 2015

Lahar Hujan di Sungai Gendol Selama ini tidak membahayakan Pemukiman.

CANGKRINGAN. Lahar Hujan yang terjadi di Sungai Gendol sampai awal Februari 2015 ini tidak membahayakan Pemukiman warga Cangkringan kususnya yang berada di Bantaran, karena aliran rata-rata berkapasitas di bawah sedang dan berlangsung tidak lama ( kurang dari 1 jam ).
Musim Penghujan sudah berlangsung dari September 2014 hingga awal Februari 2015 ini, dari pantauan di lapangan kususnya hujan di Puncak Merapi beberapa kali menyebabkan Aliran Lahar Hujan, namun aliran masih berada di sisi atas, tepatnya di timur Dusun Kopeng Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.
Beberapa hari yang lalu dilakukan ceking oleh Relawan SKSB dengan menelusuri Bantaran Sungai Gendol dari Jembatan Plumbon Sindumartani, Ngemplak , Sleman sampai Petit Opak. Diperoleh hasil dengan beberapa catatan, yakni: dari Jembatan Plumbon ke utara sampai Jembatan Bakalan Argomulyo, dasar sungai cukup dalam dan tanggul relatif masih aman. Ke utara sampai Kali Adem, tanggul tidak ada tapi dasar sungai cukup dalam, banyak lubang-lubang yang dalam/kubangan. Di sekitar Kawah / Puncak Merapi terlihat dengan alat teropong, batu-batu besar, kerikil-kerikil, dan pasir, sehingga diprediksikan apabila di Puncak hujannya tidak lama ( di atas 1 jam), kapasitas tidak Lebat, maka dengan hasil ceking di lapangan, dimungkinkan apabila terjadi Aliran Lahar Hujan harapan tetap tidak membahayakan Pemukiman Warga kususnya di Bantaran, bahkan bisa jadi aliran tidak sampai selatan ( minimal Jembatan Jambon), walau demikian teman-teman Pemantau aliran di bantaran Sungai Gendol tetap siap / waspada. Demikian prediksi hitungan kasar dengan pantauan kondisi di lapangan, namun apapun yang terjadi adalah ketentuan Alloh Tuhan Yang Maha Esa, harapan apabila terjadi Aliran / Banjir tetap aman-aman saja, Amin….., begitu kata salah seorang yang ikut ceking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.