Penggunaan Istilah Komunikasi HT, Kadang Salah Kaprah.

Istilah-istilah yang dipakai dalam break – breakan baik yang berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, ada yang belum difahami arti, maksud dan penggunaannya.  Sehingga mengakibatkan penempatan istilah menjadi tidak benar, ironisnya menjadi salah kaprah, karena sudah terbiasa dan terlanjur memasyarakat, akirnya menjadi rancu. Seperti penggunaan kata Break, Instruksi, Penggunaan kata-kata sandi, Roger, dll.
Berikut beberapa Istilah yang biasa dipakai, beserta arti dan kapan digunakan:
1.BREAK, dari kata break yang mengharuskan, para pembicara “putus” dengan paksa. Merunut kata asal dari kata ini, maka istilah “break” ini tidak bisa digunakan setiap waktu kecuali anda akan menyampaikan berita penting / darurat. Sehingga apabila ingin gabung, atensi, melaporkan cuaca yang biasa, dengan kalimat break, itu menyalahi arti dan maksud.
2.ROGER, artinya “berita telah diterima secara lengkap”. Namun penggunaan di masyarakat sudah di luar pengertian istilah itu sendiri.
3.INSTRUKSI, bermakna ada sesuatu yang sangat penting sekali dan harus segara diinformasikan, maka segala pembicaraan dihentikan / frekwensi dikosongkan, untuk memberi kesempatan kepada Pembawa berita tersebut.
4.JAMMER, penimbrung, menumpuk dengan sengaja sehingga audio tidak keluar / mengudara.
5.NOISE, bermakna desah, pancaran atau pembicaraan tidak jernih diterima.
6.PROPAGASI, perambatan, penjalaran.
7.RECEIVER, penerima atau alat penerima.
8.TRANSCEIVER, pemancar- penerima, pemancar dan penerima dalam satu set.
9.TRANSMITER, pemancar.
10.SPOTING, menekan ptt tanpa bicara.
11.SPLATTER, percikan dan penyebaran frekwensi lain dari pancaran/transmisi perangkat yang tidak baik / perangkat yang alami gangguan.
12.PORTABLE, istilah bagi yang sedang memancar di tempat lain / di daerah lain di luar stasiun tetapnya untuk sementara waktu.
( Sumber: Kamus Istilah Buku Panduan RAPI )
Demikian diantara istilah – istilah yang dipakai dalam berkomunikasi lewat HT, mungkin masih ada istilah lain yang belum tercantum atau ada perbedaan arti dan maksud, bukan sesuatu yang harus diperdebatkan, tetapi merupakan masukan dan memperkaya perbendaharaan dan memperluas wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.