JALUR EVAKUASI DUSUN CANGKRINGAN, BRONGKOL, MORANGAN SELESAI DIPERBAIKI

Jalan raya dari arah Jembatan Plumbon Desa Sindumartani Kab. Sleman ke barat sampai perempatan Perikanan BBI Cangkringan, adalah jalur fital / kususnya jalur evakuasi bagi masarakat yang tinggal di Dusun Brongkol, Cangkringan dan Morangan, baik bencana Letusan Gunung Merapi maupun Banjir Lahar Hujan. Beberapa tahun ini kondisi jalan rusak parah / tidak layak pakai, namun di awal bulan Nopember 2014 ini sudah rampung perbaikan sekarang sudah beraspal halus dan sudah laIMG_7939yak pakai.
Adalah jalan raya sepanjang kurang lebih 400 M yang berada di Kecamatan Cangkringan paling selatan, terposisi di selatan Dusun Brongkol utara Dusun Sewon dan Morangan, merupakan jalur satu-satunya bagi penduduk di 3 Dusun baik ekonomi, aktifitas keseharian maupun untuk lari menyingkir apabila terjadi banjir lahar hujan maupun letusan Merapi yang membahayakan.
Semenjak 2011 sampai pertengahan Agustus 2014 jalan tersebut kondisinya rusak parah hingga membahayakan pengguna jalan, apalagi bila dalam kondisi urgen untuk evakuasi akan sangat membahayakan bagi keselamatan, dalam hari-hari biasa jalur tersebut sering terjadi kecelakaan akibat kondisi jalan.
SOP Kontijensi baik Lahar Hujan maupun Gunung di ketiga dusun tersebut, apabila mengungsi sama-sama menuju ke tempat aman posisinya di sebelah barat Kali Opak, dan satu-satunya jalur yang dilewati adalah jalan tersebut di atas. Berkali-kali dari pihak Dusun mengusulkan perbaikan, dan pertengahan Tahun ini terealisasi sekarang sudah selesai dikerjakan. Hanya saja jalan tersebut merupakan akses keluar masuk armada truk ke Kali Gendol, sehingga apabila muatan / tonase armada melebihi dari aturan bukan tidak mungkin jalan akan cepat rusak lagi, harapan tidak demikian hingga apabila untuk evekuasi semuanya berjalan lancar, selamat dan aman. Amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.