JEMBATAN JAMBON DAN JALUR EVAKUASI SINDUMARTANI SELESAI DIPERBAIKI

Jembatan penghubung dusun Tambakan dengan pasar Kejambon Sindumartani Kec. Ngemplak Kab. Sleman sudah memasuki tahap penyempurnaan akir pembangunannya / 90%. Jembatan tersebut sekarang sudah dapat dilalui bagi semua armada / kendaraan, baik menuju ke Kec Ngemplak maupun menuju ke Klaten.
Terkenal dengan nama Jembatan Jambon adalah Jembatan di Bantaran Kali Gendol terletak kurang lebih 17 san km dari Puncak Merapi, di timur Dusun Tambakan, barat pasar Kejambon Desa Sindumartani Kec. Ngemplak. Lebar kali kurang lebih 100 m, ada 2 jembatan ( mepet sisi Barat dan sisi Timur }, awalnya kedua jembatan tersebut di musim penghujan tidak berfungsi karena aliran naik melintas di atasnya. IMG_8007
Jembatan tersebut merupakan jalur yang sangat vital, utamanya penghubung ke Pasar Kejambon, juga jalur Utama yang menghubungkan Sleman dengan Klaten. Kedua jembatan dibangun lebih tinggi sehingga bila ada aliran lahar hujan masih dapat dilalui pengguna jalan, selain fungsi di atas juga sebagai dam penahan sedimen untuk mengurangi kecepatan aliran.
Bersamaan dengan pembangunan kedua jembatan tersebut, juga telah selesai diperbaiki jalan raya seabagai jalur evakuasi dari perempatan Koro ulon ke timur sampai Perempatan Joholanang ( Kikis } Desa Sindumartani. Berjarak kurang lebih 2 km sekarang sudah selesai pengerjaannya nampak halus dan tebal aspalnya, sehingga bila dilalui kususnya untuk evakuasi bisa lancar.IMG_8010
Sebelumnya jalan tersebut kondisinya rusak parah karena lama tak diperbaiki dan lagi armada pengangkut material berlalu lalang lewat di situ. Setelah selesai diperbaiki harapan masarakat jalan tidak cepat rusak, sehingga apabila untuk lari evakuasi tidak bermasalah.
Selain di atas juga sudah diperbaiki jalan / Jalur Evakuasi dari Pasar Kejambon ke utara sampai dusun Kauman Argomulyo Cangkringan. Sebelumnya jalan tersebut tidak layak pakai karena rusak parah, akibat truk angkutan material. Namun sekarang warga pengguna jalan tersebut sudah nyaman baik menuju ke Pasar Jambon mapun aktivitas lain, apalagi sewaktu urgen untuk lari mengungsi.
Harapan kita setelah selesai diperbaiki , agar tidak cepat rusak perlu dikawal dan dijaga bersama-sama, diperlukan kerjasa sama dan koordinasi yang integral antara semua pihak baik Pemerintah, Masarakat, Relawan Komunitas, untuk mengawal dan menjaganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.