SKSB SIAP ANTISIPASI DATANGNYA MUSIM HUJAN 2014 / 2015

Bertempat di Aula Balai Desa Kepuharjo Cangkringan Kab. Sleman Komunitas SKSB { Saluran Komunitas Sosial Bersama } Cangkringan mengadakan pertemuan Koordinasi. Banyak hal yang dirembuk, mengenai keanggotaan, sarana prasarana, keakrapan dan perencanaan antisipasi datangnya musim penghujan mendatang / 2014-2015.
SKSB merupakan Komunitas yang menjadi tumpuan informasi masarakat di Cangkringan baik untuk info Perkembangan Gunung Merapi, aliran banjir / lahar hujan, maupun kebencanaan lainnya. Kusus untuk musim penghujan hampir semua pemegang pesawat HT di masarakat Cangkringan dipastikan selalu setia di frekwensi 149440 dimaksud untuk mendengarkan info perkembangan banjir bila terjadi. Sehingga Komunitas ini selalu memberikan info-info terbaru di musim pengujan, dengan menempatkan anggota-anggotanya di titik-titik pantau Bantaran Kali Opak Kuning dan Gendol.
Menghadapi musim hujan tahun ini, SKSB pada hari Ahad 2 Nopember 2014 jam 19.30 sampai 23.00 bertempat di Aula Balai Desa Kepuharjo membahas persiapan, perlengkapan, penjatwalan petugas di titik pantau, info terkini morfologi sungai, koordinasi dengan Komunitas lain, sistim pelaporan / penyampaian info, dan frekwensi yang digunakan.
Hadir dalam pertemuan sekitar 50 orang termasuk Kepala Desa Kepuharjo selaku sesepuh Paguyuban, Beliau memberikan arahan dan suport agar Komunitas ini benar-benar dapat memberikan informasi yang falid kepada masarakat sehingga mereka merasa aman nyaman dan merasa terlindungi.
Hasil dari pertemuan tersebut antara lain, Frekwensi yang dipakai 16.6125, ada penambahan titik-titik pantau baru, di titik pantau Jembatan Gungan ke bawah SKSB tetap memasang anggota hanya sebagai pembantu begitu juga di Opak, pelaporan hal banjir dengan menyampaikan lebar sungai ketinggian aliran, mengecek kembali fasilitas di lapangan, keselamatan diri sendiri penting, dan cek lokasi sebelum bertugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.