PONONTON TERPUKAU MENYAKSIKAN GELAR POTENSI BUDAYA DESA ARGOMULYO 2014

Seiring dengan semakin membaiknya Perekonomian di Kecamatan Cangkringan lebih kusus di Desa Argomulyo, hari Rabu 22 Oktober 2014 Desa Argomulyo menggelar Festifal Seni Budaya yang Bertajub “ GELAR POTENSI BUDAYA DESA ARGOMULYO “ , sajian acara dari Seni Budaya ditampilkan dalam paket adegan peradegan hingga membuat penonton yang hadir tampak terkesima dan terpukau.
Sebelum Erupsi Merapi 2010 terjadi tepatnya tanggal 10 Agustus 2010, Desa Argomulyo waktu itu mengadakan Perayaan Kirap Budaya Tambak Kali dengan menampilkan Potensi Seni Budaya dari 22 Dusun, dan akirnya mendapat juara tingkat Propinsi dan didicanangkan sebagaiDesa Budaya. Kemudian di tahun ini tepatnya pada Hari Rabu 22 Oktober 2014 dimulai jam 13.00 sampai jam 17.00 diadakan kembali acara tersebut hanya dengan tampilan dan kemasan yang berbeda, yakni tidak dilakukan kirap namun dengan cara tampilan Seni Budaya di Panggung terbuka.
Peserta Festifal adalah Potensi Seni Budaya yang ada di Dusun-dusun di Argomulyoberjumlah 22 Dusun, tiap Dusun mendapat jatah paket Seni Budaya dalam bentuk yang berbeda. Dusun Suruh mengeluarkan Tradisi Mitoni, Jetis Budaya Sambatan, Karanglo Ketoprak, Jaranan Tradisi Manten Jawa Pakem, Cangkringan Jodang, Brongkol Wayang Orang, Sewon Mbarang Ledek, Gadingan Jatilan, Banaran Tedak Siti, Kauman Mocopat, Dliring MertiDusun, Panggung, Sunatan Jawa, Kliwang Jodangan, Teplok Tahlil Singiran, Kebur Tradisi Wiwit, Kuwang Grobak, Randusari Slametan, SD Dolanan Anak-anak.
Panggung terbuka di Pendopo Balai Desa Argomulyo Baru, Tampilan Seni Budaya dari 22 Dusun disajikan satu persatu dengan iringan Gamelan Jawa Grup Karawitan Ngesti Laras Mudal, perpaduan alunan suara musik gamelan Jawa dengan sajian Seni membuat semakin menambah indah dan meriah. Penonton berasal dari masarakat Argomulto dan sekitarnya berasa sangat terhibur dengan acara tersebut, terbukti dari mulai sampai berakirnya acara tersebut tidak beranjak dari tempat duduknya.
Pejabat dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DIY di akir acara mengatakan, “ Kali ini kami bersama rombongan DIY disuguhi tampilan Seni Budaya yang sarat dengan makna dan bertema, setiap paket Seni Budaya tidak sekedar gayeng dan meriah tetapi ditampilkan dengan polesan dan atraksi yang maknanya dapat mudah dicerna yang menggambarkan kehidupan yang nyaman damai di Pedesaan misalnya, Pokoknya Hebat Argomulyo “ begitu akir kalimatnya.
Menurut salah seorang wargayang tak mau disebut namanya mengatan, Festifal Seni Budaya dapat berjalan meriah seperti ini, respon masarakat sangat baik, adalah tidak lepas dari sikap dan kearifan beliau Pak Kades Pak Darjono, dia orangnya enak, enthengan, komunikasi baik, grapyak semanak, tidak marahan, pokoknya Pak Lurah saya sekarang ini Pas, Sip. Begitu celetuknya.
Masarakat siang sampai sore memadati Plataran Balai Desa Argomulyo untuk menikmati hiburan segar, dan sekitar pukul 17.00 acara berakir dengan sukses dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.