KONDISI TERKINI PERTIGAAN OPAK GENDOL DI HULU ( OKTOBER 2014 )

Bersama rekan pada hari Sabtu 18 0ktober 2014 dimulai dari Dusun Banjarharjo sampai Gendol Opak di bagian hulu ( pertigaan Opak Gendol ) yang berada di utara Banker Kepuharjo Kec. Cangkringan, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadikan masukan bagi semua yang terlibat dalam mitigasi banjir lahar hujan, tertuma bagi warga di bagian hilir maupun para relawan pemantau banjir.IMG_7518
Musim penghujan menurut prediksi BMKG beberapa minggu lagi akan tiba, dan ada fenomena alam yang terjadi yakni letak posisi matahari dengan Jogjakarta, yang membuat curah hujan bisa di atas normal. Hal ini bila terjadi di Puncak merapi dengan durasi lama maka dipastikan dapat menyebabkan banjir dengan kapasitas sedang bahkan bisa di atas sedang. Untuk itu diperlukan antisipasi yang serius bagi semua yang terlibat ( Pemerintah, Masarakat, Komunitas Relawan, dan pihak pemerhati lain ).
Hasil penelusuran beberapa hari yang lalu, masih terpantau tumpukan material yang sangat banyak baik di Puncak, di lereng-lereng, di kaki-kaki gunung, di seputaran gunung Kendil, di seputaran Banker, bahkan di alur kali Gendol maupun Opak, bila terjadi banjir puncak kemungkinan besar ada tambahan suplai dari material yang ada di kantong-kantong tersebut.
Aliran dari puncak turun keselatan menghantam Gunung Kendil, belok ke barat, mentok Gligiran Gunung lalu belok ke selatan. Kurang lebih 200 M ada Pertigaan 2 sungai yakni, ke Barat adalah Kali Opak dan ke Selatan Tenggara ke Kali Gendol.
Catatan Penting bahwa kondisi kedalaman pertigaan antara Gendol dengan Opak tertanggal 18 Oktober 2014, adalah TIDAK SAMA RATA, dimana Kali Gendol lebih dalam dibanding dengan Opak, di ukur dari permukaan atas, kedalaman Opak cuman sekitar 3 meteran, sedang kedalaman yang menuju Gendol 10 sampai 15 M, sehingga berdasarkan kondisi tersebut bila terjadi banjir dari Puncak kemungkinan besar sekali masih masuk ke Kali Gendol, kecuali bila ada perubahan kondisi, misal ada suplai material baru hingga nutup Gendol, atau alur yang ke Gendol tersumbat akibat runtuhan tebing, atau tumpukan batu-batu besar.IMG_1450
Kemudian di timur Banker, dulunya tinggi antara Opak dan Gendol tidak nampak ada jalur yang nyambung, namun sekarang terpantau ada pertigaan baru antara Gendol dengan sungai kecil yang menuju ke opak. Dan kedalaman pertigaan tersebut masih jauh dalam yang ke kali Gendol, sehingga bila alur ke kali Gendol masih lancar kemungkinan kecil masuk ke barat menuju ke Opak.
Walaupun prediksi seperti itu, namun bukan berarti bantaran Opak bila terjadi hujan trus tidak ada banjir,hingga warga lengah, potensi banjir juga masih terjadi di Opak, misal ada suplai dari Pelem Ngrangkah dsb, kemudian posisi tanah yang terletak di barat Gendol sebagian besar miring ke barat sehingga bila ada air mengalir dipastikan masuk ke Opak, pengalaman-pengalaman tahun lalu banjir Opak walau lokal tetapi kapasitas bisa sampai sedang, maka dari itu tetap diwaspadai dan di antisipasi.
Harapan kita semua walaupun Kali Gendol Opak banjir, tetapi lewat alurnya, sehingga tidak menimbulkan kerusakan maupun kurban jiwa, dan warga tetap hidup aman dan nyaman. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.