DINAS KESEHATAN SLEMAN KEBAKARAN

Kebakaran berawal dari konsleting listrik pada ruang Bidang Kesehatan Masyarakat, petugas keamanan Dinas Kesehatan telah berupaya memadamkan api menggunakan APAT dan APAR, namun api belum bisa dikendalikan. Api semakin membesar sehingga membakar ruang Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Api baru berhasil dipadamkan setelah 2 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan. Kebakaran tersebut sempat menimbulkan korban jiwa sebanyak 4 orang yang terdiri dari 1 orang patah tulang, 1 orang luka bakar dan 2 orang pingsan.

Itulah gambaran situasi simulasi penanganan bencana kebakaran yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dalam rangka kesiapsiagaan petugas kesehatan dalam penanganan kejadian kebakaran dilingkungan dinas kesehatan maka perlu adanya peningkatan kemampuan petugas dalam penanganan kejadian kebakaran. Rencana kegiatan gladi penanganan kejadian bencana kebakaran ini direncanakan sebanyak dua kali. Kegiatan Gladi Penanganan Kejadian Bencana Kebakaran yang pertama dilaksanakan pada hari ini Jum’at (30/5/2014) di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Peserta Gladi ini diikuti 175 orang peserta dari seluruh karyawan Dinas Kesehatan, 25 UPT Puskemas, UPT POAK, UPT JPKM dan UPT LABKES.

DSCN8998

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr. Mafilindati Nuraini,M.Kes, dalam pembukaan tersebut Kepala Dinas Kesehatan memberikan amanat bahwa kegiatan kesiapsiagaan dalam penanganan kejadian bencana kebakaran harus selalu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan peralatan untuk pemadaman api. Narasumber dalam kegiatan ini mengundang dari UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Sleman. Materi yang diberikan antara lain pengenalan penggunaan Alat Pemadam Api Tradisional(APAT), Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Pengenalan Alat Pemadam Api Berat (APAB). Skenario kejadian bencana kebakaran ini untuk mensimulasikan emergency respon plan dinas kesehatan yang telah disusun. Rencana gladi penanganan kejadian bencana kebakaran kedua akan dilaksanakan di Puskesmas Ngemplak I. Salam siaga….

 

Penulis: Aditya 313

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.