Material Pasir Di Sungai Semakin Sulit, Tanggul Jadi Sasaran

ARGOMULYO – CANGKRINGAN. Di sekitar Desa Argomulyo, material pasir semakin sulit didapati penambang, terutama di alur sungai Gendol dan Opak, akibatnya harga pasir semakin meroket, hal ini berakibat beberapa penambang manual nekat ambil pasir di tanggul, tanpa memperhitungkan dampaknya.

Seperti yang terjadi di Tanggul sungai Gendol sisi barat, tepatnya di Dusun Suruh / Bronggang, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman , utara Jembatan Penyeberangan Watu Gede 100 M. Bangunan tanggul lama persis di bawah Dam Sabo, sudah mulai di tambang oleh oknum penambang manual, tanpa memperhatikan bahaya yang ditimbulkan.

Informasi santer di masyarakat, bahwa dari Jembatan Watu Gede ke utara sampai eks Dusun Bakalan Argomulyo, ke depan akan di bangun tanggul yang baru, mungkin hal ini yang mendorong tanggul di tambang oleh penambang manual. Namun apapun alasannya tanggul sebagai faktor utama keselamatan warga, apabila ada aliran lahar hujan di sungai tersebut, jadi tanggul tidak boleh dirusak / ditambang.
Kepada pihak-pihak yang berwenang, semoga hal ini menjadikan perhatian, karena keselamatan warga, adalah utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *