Komunitas SKSB Cangkringan Survei Pohon Yang Rentan Tumbang Karena Angin Kencang

CANGKRINGAN – SLEMAN. Awal Desember 2015 ini, Komunitas Relawan SKSB ( Saluran Komunikasi Sosial Bersama ) Cangkringan, mengadakan kegiatan survei / pendataan tentang kondisi pepohonan di Kecamatan Cangkringan, yang bila terjadi hujan disertai angin kencang, rentan roboh.

Prioritas pengamatan, yakni pepohonan yang berada di pinggir jalan, baik jalan raya / utama, maupun jalan dusun, kemudian yang membahayakan rumah warga / sekitar pemukiman. Ada beberapa titik yang perlu pemangkasan, maupun penebangan, karena membahayakan pengguna jalan maupun membahayakan rumah warga.

Yang berada di pinggir jalan raya, berada di Desa Argomulyo, Desa Wukirsari. Kemudian yang berada di Perkampungan, misal di Dusun Jiwan, Jaranan, Karang Pakis, Balangan, Cancangan, Salam, Cakran, Sempon, Ngaglik, Sembungan, Pentingsari, dll. Dusun-dusun tersebut masih terdapat pohon-pohon yang tinggi dan rimbun, seperti pohon Mlinjo, Sengon, Pete, Kelapa, Bambu, dll.

Menurut Koordinator SKSB Pak Jikun / JK,’ Survei dalam rangka pendataan daerah yang bahaya terhadap bencana Angin Kencang, kalau bisa diteruskan dengan pemangkasan dahan yang berbahaya / mudah patah, kepada pemilik pohon diinformasikan kalau pohonnya rentan roboh bila diterjang angin kencang, dan membahayakan rumah warga “.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *